Posted by: taufiqulmujib | 1 February 2010

52 balita menderita gizi buruk di Pidie

Warta – Aceh

SIGLI – Terhitung sepanjang Januari hingga Desember 2009, sebanyak 52 balita dilaporkan menderita gizi buruk di kabupaten Pidie. Dari penderita itu, 16 diantaranya masih menjalani perawatan di puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pidie, Abdul Hamid, tadi malam, mengungkapkan, munculnya kasus gizi buruk lebih disebabkan kurang perhatian pihak keluarga dalam memenuhi kebutuhan gizi untuk balita.

Namun, menurutnya, dibanding kasus tahun 2008 jumlah penderita gizi buruk di Pidie tidak meningkat. “Balita gizi buruk tertinggi terdapat di kecamatan Tangse, Mane, Geumpang dan Glumpang Baro,” katanya.

Dikatakan, kasus gizi buruk yang menderita balita di Pidie itu, 12 penderita diantaranya terpaksa dirujuk ke RSU Sigli, karena tidak mampu ditangani di tingkat puskesmas.

Sementara, 16 balita penderita masih dalam perawatan baik di puskesmas, maupun di RSU Sigli, kemudian dibawa pulang, serta mendapat perawatan jalan dari puskesmas terdekat.

Tingginya angka gizi buruk, katanya, disebabkan minimnya pemberian makanan bergizi kepada si anak. “Balita kurang mengkonsumsi makanan bergizi dan dibiasakan dengan makanan ala kadarnya sehingga lambat laun pertumbuhannya menurun,“ katanya.

Sebenarnya, tambahnya, semakin banyaknya ditemukan kasus balita penderita gizi buruk, bukan berarti kasusnya meningkat dari tahun sebelumnya. Itu  pertanda semakin membaiknya sistem pendeteksian dari pihak puskesmas dan tenaga medis lainnya.

Menurutnya, puskesmas mendata setiap balita baik yang sehat maupun penderita gizi buruk. Tujuannya untuk mengantisipasi munculnya masalah gizi buruk. Dan pendataan yang dilakukan juga menunjukkan banyak penderita erasal dari keluarga kurang mampu.

“Masyarakat dihimbau senantiasa memberi perhatian khusus kepada balita. Di usia inilah mereka harus mendapat makanan bergizi, dan perhatian orang tua secara serius karena mempengaruhi perkembangan si anak kedepan,“ katanya.
(dat02/wsp)

Sumber: http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=86296:52-balita-menderita-gizi-buruk-di-pidie&catid=13:aceh&Itemid=26


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: