Beranda

“Jangan takut pada pelajaran apapun, karena ketakutan itu sendiri kebodohan awal yang akan membodohkan semua.” Demikian salah satu kutipan dari novel Bumi Manusia.

Iya. Nama “BUMIMANUSIA” dalam blog ini sangat terinspirasi dari judul pertama novel tertralogi karya Pramoedya Ananta Toer. Novel tersebut mengisahkan sosok Minke (Raden Mas Tirto Adisuryo) sebagai Sang Pemula, sebagai pemuda yang benar-benar berjiwa muda, masih berapi-api dan selalu ingin mencari kebebasan, menyuarakan apa yang menurutnya benar, menurutnya patut dipertahankan dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Di sinilah diperlihatkan karakter Minke yang kuat, seorang pribumi terpelajar yang lebih daripada Eropa.

Melalui blog ini, paling tidak, Taufiqul Mujib mencoba menuangkan ide-ide yang muncul terkait situasi sekitaran. Memang, tidak sebesar yang dilakukan oleh Sang Pemula. Namun, dengan blog ini, Taufiqul Mujib berupaya (paling tidak) memahat sejarah pemikiran dari diri sendiri. Dan syukur-syukur jika mampu menyemangati manusia lain untuk memerdekakan bangsanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: