Sekilas Profil

Bergerak seperti ombak. Merenung seperti gunung.

Setelah mendirikan dan lebih dari lima tahun menjalankan sebuah organisasi non-pemerintah bernama Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS), kini ia bergabung dengan sebuah International NGO, yaitu Oxfam di Indonesia. Tak jauh berbeda dengan rekam jejak aktivitas sebelumnya, dalam pekerjaan yang sekerang Taufiq tetap menggeluti dunia kajian dan advokasi, khususnya perihal agraria, pangan, dan pembangunan.

Dalam hal pendidikan formal, Taufiqul Mujib pernah mengenyam pelajaran hukum di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan juga tentang agraria di International Institute of Social Sciences – Erasmus University of Rotterdam.

Selain itu, ia juga mempunyai latar belakang dunia pesantren yang kental. Adalah Man’baul Huda, Pondok Pesantren di sebuah desa di Jawa Timur pernah menjadi tempatnya belajarnya selama sembilan tahun.

Selama menjadi mahasiswa, Taufiq aktif mengadvokasi serta mengorganisir petani bersama Front Perjuangan Pemuda Indonesia (FPPI) dan juga aktif dalam Lembaga Pers Mahasiswa Arena. Pada tahun 2002 ia bahkan menjadi salah satu pimpinan nasional di Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: